sponsor

Select Menu

Data

OPINI

HUKUM

PENDIDIKAN

HOME » » lAI BMI Asal Sumbawa Barat akan Dihukum Mati di Malaysia


Unknown 00:41 0

Seorang tenaga kerja Indonesia kelahiran Kertasari, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), M Bakri bin Belaho (67) akan dihukum mati di Malaysia, karena kasus pembunuhan.

"Informasi adanya TKI dari NTB yang akan dihukum mati kami peroleh dari utusan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang datang ke NTB, pekan lalu," kata Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB, Zaenal, di Mataram, Senin (10/9).

Dikemukakan, utusan Kemenlu tersebut juga mencari informasi mengenai keluarga Mohammad Bakri yang sudah berada di penjara Sungai Buloh, Malaysia, sejak 23 tahun lalu.Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Badan Hukum Indonesia (BHI), Kemlu, hingga saat ini belum mengetahui keluarga dari TKI bermasalah itu.

Menurut Zaenal, seperti diberitakan Antara, Senin malam, dalam pengadilan Bakri terbukti membunuh Aminah, salah seorang istri dari Syafrudin, TKI yang juga warga Kabupaten Sumbawa, namun sudah beralih status menjadi warga negara Malaysia. Bakri yang berangkat ke Malaysia pada 1989, diketahui membunuh ketika korbannya sedang sendirian di rumah.Menurut informasi yang diperoleh dari Kemlu, peristiwa pembunuhan itu diketahui oleh sejumlah warga negara Malaysia yang kebetulan berada di sekitar tempat kejadian perkara, sehingga Bakri cepat ditangkap oleh aparat kepolisian Malaysia.

Eksekusi mati seharusnya dilakukan pada Jumat (7/9) lalu bersamaan dengan puluhan TKI lainnya yang juga divonis hukuman mati oleh pengadilan Malaysia, namun karena ada perjanjian antara Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia dengan MA Malaysia, hukuman tersebut ditunda hingga waktu yang tidak ditentukan.

Bakri bisa saja lolos dari hukuman mati dengan syarat keluraga Aminah memaafkan. Namun, sampai sekarang kami belum tahu dari mana asal Aminah dan siapa keluarganya. Suaminya juga entah ke mana, kami belum dapat informasi sampai sekarang," ujarnya.Dikemukakan, Disnakertrans NTB sudah berkoordinasi dengan Balai Pelayanan Penempatan Dan Perlindungan TKI (BP3TKI) NTB, yang juga siap memfasilitasi keluarga Bakri untuk berangkat ke Malaysia jika hukuman mati jadi dilaksanakan."Masalahnya, hingga saat ini kami juga belum memperoleh informasi mengenai siapa keluarga Mohd Bakri bin Belaho di Kabupaten Sumbawa Barat," ujarnya.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.